Senin, 29 Januari 2018

AKSI PEDULI LINGKUNGAN

MENJAGA KEBERSIHAN  SUNGAI  
DAERAH SEKITAR 


 النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَانِ
 “Kebersihan adalah Sebagian dari Iman”

 Hadis ini tercantum dalam kitab-kitab hadis. Al-‘Iraqi dalam takhrij Ahadits al-Ihya’ 1/73 menginformasikan hadis dengan lafadz semacam di atas diriwayatkan oleh Imam at-Thobrany dalam Al-Ausath dengan sanad yang dho’if jiddan (sanagt lemah) dari jalur periwayatan melalui Ibnu Mas’ud ra.

Pentingnya Kebersihan Air Sungai Bagi Kehidupan Manusia di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan jumlah sungai yang cukup banyak yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Jumlah sungai yang ada di Indonesia sekitar 5590 buah. (sumber : http://www.ampl.or.id/old/detail/detail01.php?row=7&tp=laporan_ampl&ktg=&kd_link=1&jns=&kode=349). Jumlah ini bukanlah angka yang sedikit, namun pemanfaatan air sungai untuk kehidupan manusia yang belum maksimal. Banyak manfaat sungai yang kita ketahui untuk kepentingan manusia antara lain untuk pembangkit tenaga listrik , untuk mengairi sawah, untuk pariwisata dan untuk tempat hidup binatang seperti ikan , buaya dll. Dalam pelajaran sejarah dulu ketika SMP dan SMA disebutkan bahwa kerajaan yang ada di Indonesia terletak di tepi sungai seperti Sungai Mahakam, sungai Citarum, sungai Brantas, dll. Itu membuktikan bahwa air memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia.  Dalam tubuh manusia sendiri terdapat sekitar 80 % air dimana kadar tertinggi terdapat dalam otak dan darah manusia. (sumber:http://www.hidupsehat.web.id/2014/02/khasiat-dan-manfaat-minum-air-putih.html) sehingga manusia membutuhkan air bersih agar dapat terus melakukan aktivitas dengan normal. Namun sayangnya kerusakan lingkungan air baik yang ada di sungai maupun laut merupakan ulah manusia. Manusia Indonesia banyak yang kurang bersyukur dengan banyaknya air yang diberikan Tuhan. Banyak orang yang membuang sampah seenaknya di sungai, membuang limbah pabrik di sungai sehingga membuat air sungai menjadi kotor, bau dan tercemar sehingga menimbulkan busa. Padahal air sungai juga diolah untuk air minum manusia yang disalurkan ke rumah tangga melalui perusahaan air minum milik pemerintah.

Sesuai uraian sebelumnya bahwa sungai ialah bagian tak terpisahkan dari kehidupan, maka krusial dilakukan penjagaan secara maksimal. Penjagaan yang dimaksud yaitu penjagaan dari berbagai sisi kehidupan, misalnya sisi kebersihan sungai. Sungai dengan kebersihan dan terjaga, tentunya akan membantu manusia memanfaatkannya. Para petani akan merasa nyaman sebab air irigasi buat sawahnya higienis tanpa polutan begitupula halnya dengan lingkungan sosial masyarakat lainnya. Polutan pada air sungai termasuk hal yang harus dihindari.
Polutan ialah zat yang menjadikan tercemar. Jika sudah tercemar, maka peran dalam kehidupan utamanya air di sungai tak bisa difungsikan dengan baik. Polutan atau zat pencemar tersebut memiliki bentuk yang beragam. Misalnya berupa cairan kimia, benda yang tak bisa terurai oleh bakteri pengurai di dalam air sungai dan lainnya. Oleh sebab itu, krusial sekali menjaga kebersihan sungai dari pencemaran. Contoh sikap yang sebaiknya dimiliki dan dilatih secara kontinyu yaitu membuang sampah tak di sungai tapi pada loka pembuangan sampah, menjaga kebersihan lingkungan sekitar sungai terutama berkaitan dengan saluran pembuangan limbah rumah tangga dan lainnya.
Sungai ialah sumber kehidupan manusia. Ketika ia terjaga dan terhindar dari pencemaran, maka sungai akan berperan dengan baik bagi kehidupan. Oleh sebab itu, semoga artikel ini memberikan kegunaan bagi para pembaca.

REFERENSI :

 http://sasaimoet.blogdetik.com/2014/08/22/pentingnya-kebersihan-air-sungai-bagi-kehidupan-manusia-di-indonesia



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Acara Maulud Nabi Muhammad

Acara Maulud Nabi Muhammad Maulid Nabi merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad saw. yaitu pada 12 Rabiul Awal. Nabi Muhammad saw. ...